Lubuk Basung – Beberapa waktu lalu, beredar di media sosial foto batang pisang yang telah dipancung mengeluarkan buah sempurna dan jantung pisang. Foto tersebut langsung viral dan menjadi buah bibir masyarakat di Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

Pantauan Komapos di lokasi, persisnya di Ampu Jorong II Balai Ahad, Lubuk Basung Kabupaten Agam tampak dua tunggul pisang bekas ditebang setinggi kurang lebih 50cm. Salah satu tunggul mengeluarkan tandan pisang lengkap dengan jantung pisang. Diperkirakan pisang tersebut berusia kurang lebih satu bulan.

Informasi yang dihimpun dari Yen, yang lokasi tumbuhnya pisang persis di belakang rumahnya, mengatakan pisang unik tersebut belum lama ini ia ketahui. Ia mengetahui ketika hendak memperbaiki pusara keluarga yang berada di samping kebun pisang tersebut.

“Saya melihat pisang ini, ketika hendak memperbaiki pusara, aneh juga tampaknya,” ujarnya, Jumat (19/6).

Dikatakannya, menurut keterangan pemilik kebun, pisang tersebut belum pernah berbuah. Meski unik, dirinya menilai kejadian tumbuhnya pisang unik tersebut bisa dijelaskan secara sains.

“Bagi orang biologi mungkin ini hal biasa, tapi kalau kita melihat ini adalah keunikan,” tuturnya.

Sementara itu, Upik pemilik kebun pisang unik tersebut saat ditemui dikediamannya mengatakan dirinya sama sekali belum mengetahui kejadian langka tersebut. Dikatakannya, kebun tersebut dikelola oleh menantunya.

“Ibu sehari-hari di warung, yang mengelola menantu. Dia juga belum memberi tahu,” katanya. (KP-Pit)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here