Dalam rangka meningkatkan taraf pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten Agam bakal menjalin kerja sama dengan enam perguruan tinggi besar di Sumatera Barat.

Hal itu diketahui usai pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Agam dengan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) pada Minggu (25/4) di Mess Belakang Balok.

Bupati Agam, Dr. Andri Warman menyebut, Pemkab Agam berkomitmen meningkatkan taraf pendidikan dan SDM masyarakat setempat. Untuk mewujudkan komitmen itu, pihaknya menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi.

“Direncanakan ada enam perguruan tinggi, yang sudah pasti ada lima kampus. Dalam waktu dekat kita akan teken MoU dengan UMSB setelah sejumlah konsep rampung direvisi,” ujarnya usai audiensi.

Disebutkan, bentuk kerja sama yang dilakukan dengan perguruan tinggi adalah mencari peluang beasiswa bagi pelajar SMA berprestasi tapi kurang mampu dan peningkatan jenjang pendidikan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Agam.

“Kami juga berkeinginan melahirkan satu sarjana di satu jorong yang ada di Kabupaten Agam ini,” sebutnya.

Menurut bupati, taraf pendidikan ASN di lingkup Pemkab Agam sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Sementara itu, Rektor UMSB, Dr. Riki Saputra menyebut, dalam waktu dekat pihaknya merencanakan pertemuan kembali bersama Pemkab Agam untuk mengkonkritkan dan menspesifikan bentuk kerjasama.

“Menurut kami Kabupaten Agam merupakan salah satu daerah yang tepat untuk pengembangan kampus, untuk itu kita akan bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten Agam dalam memajukan dunia pendidikan,” ucapnya.

Ditambahkan, pihaknya berharap bakal terjalin kerja sama yang konkrit antara Pemkab Agam dengan UMSB. Menurutnya baik UMSB dan Pemkab Agam memiliki visi yang sama dalam memajukan dunia pendidikan.

“Sesuai jargon kita di Muhammadiyah, kerja sama yang terjalin jangan hanya di atas kertas, tapi juga menampakan hasilnya bagi masyarakat,” ujarnya. (Fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here