Palembayan – Seekor satwa langka yang dilindungi diduga kembali muncul di Dusun Sigaruntang, Jorong Sungai Puar, Nagari Sungai Puar Kecematan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Dugaan tersebut disampaikan, Petugas Penyuluhan Pertanian Perternakan (PPL) Kecamatan Palembayan, Yusmaili.

Diduga harimau tersebut memangsa seekor anak kerbau milik warga, Rantini (65). Dugaan diperkuat setelah didapati bekas cakaran kuku yang terdapat pada leher anak kerbau tersebut.

Kejadian itu diduga terjadi hari Selasa (23/6) dini hari dan nasib baik masih berpihak pada Rantini. Pasalnya anak kerbaunya masih hidup, berkemungkinan karena ditolong induknya.

“Saya sangat bersyukur anak kerbau saya masih selamat mungkin karena ditolong oleh induknya waktu harimau itu akan memangsa anak kerbau saya,” ucapnya saat di komfirmasi Komapos.com.

Diduga, hewan lapar itu sedang memburu babi yang kebetulan lari ke arah lokasi anak kerbau dan induknya berada. Dugaan diperkuat, karena di sekitar tempat ditemukan jejak baru tapak harimau dan jejak kaki babi.

“Berkemungkinan harimau ini sedang berburu babi hutan tapi karena buruannya lolos dan melihat ada anak kerbau disana jadi dia langsung mengarah kepada anak kerbau dan induknya,” kata Rantini.

Menurut keterangan Rantini kerbaunya biasa dilepaskan dan bermalam di sana. Namun waktu dia akan ke sawah dia mendapatkan anak kerbaunya terluka terdapat bekas cakaran pada lehernya.(KP-Jen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here