Lubuk Basung – Tercatat sejak 20 hari terakhir, di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), tidak ada penambahan kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

Hal itu disebutkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan COVID-19 Kabupaten Agam Khasman Zaini, Jumat (19/6), tercatat pasien positif COVID-19 sebanyak 18 orang di Agam, dan semuanya telah dinyatakan sembuh.

Pasien positif terakhir berinisial ZZ warga Ampekkoto dengan jenis kelamin laki-laki, dan yang bersangkutan juga telah dinyatakan sembuh.

Disebutkan, saat ini ada 18 orang dalam pemantauan yang tersebar di enam dari 16 kecamatan di daerah itu. Sedangkan pasien dalam pengawasan, orang tanpa gejala dan pasien yang melakukan isolasi mandiri tidak ada lagi di Agam.

“Warga yang meninggal dunia akibat COVID-19 juga tidak ada di Agam,” katanya.

Semenjak memasuki era normal baru, tambahnya, tidak ada penambahan kasus dan ini tidak terlepas dari kesadaran masyarakat yang selalu waspada akan penyebaran virus itu.

“Ini kabar gembira bagi kita, di samping seluruh pasien sembuh, juga tidak ada penambahan kasus baru,” katanya.

Namun demikain, ia tetap mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan saat masa normal baru.

Saat normal baru masyarakat sudah bisa beraktivitas seperti biasa, dengan menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Ditegaskan, normal baru bukan berarti kondisi sudah kembali normal seperti sedia kala, tetapi memasuki era kebiasaan baru yang berbeda dari sebelumnya. (KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here