Lubuk Basung – Dalam merespon instruksi pandemi Covid-19, baik secara nasional dan daerah, Kejaksaan Negeri (Kejari) Agam lakukan sejumlah strategi terkait pelayanan publik. Mulai dari strategi pelayanan secara internal Kejari sampai pelayanan bagi masyarakat yang berkepentingan.

“Sesuai instruksi pimpinan yang diberikan, baik di propinsi maupun daerah terkait siaga Covid-19, maka kami di Kejari Agam juga meresponnya dengan membuat sejumlah aturan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, seperti pemantauan di pelayanan satu pintu” ujar Kepala Kejari Agam, Rio Rizal saat dikonfirmasi Komapos, Selasa (7/4).

Selama siaga Covid-19, sambung Rio Rizal, pihaknya membatasi tamu yang datang. Bagi yang mengunjung Kejari diharuskan mencuci tangan di tempat yang disediakan. Tamu diperbolehkan menggunakan hand sanitizer yang sudah disiapkan di sejumlah titik.

“Dibatasi dalam artian bukan dilarang. Maksudnya adalah yang benar-benar memiliki kepentingan saja hendaknya ke sini,” katanya.

Dikatakan, petugas Kejari yang melayani publik diharuskan mengenakan masker. Setiap hari kesehatan seluruh pegawai dilakukan pengecekan. Pihaknya juga lakukan pembersihan kantor dengan menyemprotkan disinfektan.

“Kemudian selain pegawai struktural, pegawai yang tengah hamil atau alami demam diterapkan sistem Work From Home,” imbuhnya lagi.

Untuk sidang perkara, pihaknya sudah menerapkan sidang secara daring atau online. Pihaknya menghubungkan antara pengadilan negeri sebagai tempat hakim bersidang, kejaksaan sebagai jaksa penuntut umum (JPU), dan Lapas sebagai tempat terdakwa ditahan.

“Kemudian urusan tahap dua, dan penyerahan barang bukti dari polres ke kejaksaaan juga dilakukan dengan sistem online,” ujarnya.

Selama siaga Covid-19, Kejari Agam membuat inovasi dalam pelayanan penyerahan barang bukti. Saat ini, pihaknya menyediakan kurir untuk mengantarkan barang bukti ke rumah yang bersangkutan.

“Layanan itu adalah Antar Barang Bukti Tanpa Biaya, seperti pengambilan SIM. Kemudian pembayaran biaya tilang ke bank yang telah ditunjuk,” tutupnya. (KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here