Lubuk Basung – Beberapa waktu lalu, warga Ampu, Kecamatan Lubuk Basung dibikin heran dengan kejadian langka. Pasalnya, batang pisang yang sudah ditebang mengeluarkan buah sempurna lengkap dengan jantung pisang.

Apriyunis St. Sahril, pemilik batang pisang unik tersebut mengatakan pisang miliknya itu ditemukan sekitar tiga minggu lalu. Dikatakan, pisangnya itu bukan berbuah dua kali, namun belum pernah berbuah.

“Belum pernah berbuah, jadi saya tebang. Dari sekian banyak yang ditebang, hanya satu itu yang mengeluarkan buah,” ujarnya.

Menanggapi kejadian langka tersebut, Peneliti Purna Bakti BPTP Sukarami Solok, Ir. Syahrul Zein atau yang lebih akrab disapa Mak U menjelaskan, fenomena batang pisang yang mengeluarkan buah tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah. Dijelaskan, hal itu terjadi karena proses pertumbuhan atau perkembangan, pohon pisang tersebut memasuki fase generatif.

Dijelaskan Mak U, bunga pisang atau dalam bahasa lain disebut ontong, umumnya muncul di atas pohon, tetapi karena kondisi batangnya atau dalam bahasa lain disebut debog ada keanehan. Sehingga tandan pisang bisa muncul menyelinap di batang pisang.

Menurut Mak U, debog pisang itu sebenarnya bukan batang pisang, melainkan pelepah daun pisang, sehingga bunga pisang bisa muncul dari batang pisang atau dalam bahasa lain disebut bonggol.

“Sebenarnya kejadian tersebut bisa kita telusuri secara ilmiah. Proses pertumbuhan suatu tanaman, tidaklah sama satu sama lain, tetapi ketika sudah berkembang gambarannya sama. Jika saat berkembang ada yang tidak sama, hal itu dikarenakan saat pertumbuhan awal ada sesuatu yang mengganggu, contohnya tanaman pisang yang muncul ditengah debog,” jelasnya.

Kasus munculnya buah pisang di batang yang sudah ditebang tersebut, diakui memang langka, dan jarang terjadi. Hal ini erat kaitannya dengan kondisi pertumbuhan tanaman itu sendiri, yaitu normal tidaknya saat pertumbuhan.

“Kalau normal saat pertumbuhan, sudah pasti gambarannya akan sama dengan yang lainnya. Tetapi bila ada yang tidak normal saat pertumbuhan, saat berkembang kemungkinan ada perbedaan,” pungkasnya.(KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here