Lubuk Basung, Komapos – Ranting Pemuda Pancasila Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung Gelar gotong royong memperbaiki jalan terban antara Lubuk Basung – Batu Kambing, Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang lama terbengkalai.

Goro yang berlansung sejak Rabu (7/4/2021) itu didukung PAC Lubuk Basung bersama Wali Jorong II Balai Ahad Lubuk Basung, David Ricardzoni.

Ditemui di lokasi, Pimpinan Ranting PP Lubuk Basung, Eka Heraska Jumat (9/4/2021) menyebutkan, goro digelar pihaknya tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat pengguna jalan karena sudah kondisi jalan tersebut mengancam keselamatan jiwa para pengendara yang melintas kawasan tersebut.

“Hampir separuh badan jalan terban, sangat berbahaya. Pengendara harus ekstra hati-hati, jika tidak bisa terperosok ke jurang, apalagi pada malam hari karena tidak ada penerangan di sekitar lokasi,” ujar Eka.

Diungkap Heraska, goro mereka didukung alat berat bantuan salah seorang pengusaha, jalan tersebut ditimbun dan diperlebar.

“Alhamdulillah, aksi kita didukung banyak pihak,” ujar Heraska kembali.

Hal sama diungkap Ketua PAC Pemuda Pancasila Lubuk Basung, Romi Syaputra mengungkapkan, jalan terban tersebut terjadi sekitar 4 bulan yang lalu, tapi tak separah sekarang. Hampir separuh badan jalan terban, namun pemerintah masa itu telah memperbaikinya.

“Jalan ini kembali runtuh sekitar 2 bulan ini namun sampai sekarang Pemerintah Kabupaten Agam terkesan lengah,” ujar Romi.

Menurutnya, bila kondisi tersebut terus dibiarkan, akan banyak korban.

“Mudah-mudah hari ini kegiatan yang dilakukan Ranting PP Lubuk Basung rampung, dan terima kasih semua pihak yang telah berpartipasi” ujar Romi.

Sejumlah pengguna jalan harus berhati-hati bila melintas di dekat badan jalan yang runtuh tersebut.

Wali Jorong II Balai Ahad Lubuk Basung, David Ricardzoni mengatakan aksi spontanitas memperbaiki jalan dilakukan Ranting PP Lubuk Basung di kawasan Manggis Lubuk Basung juga menyikapi sudah terjadi kecelakaan bagi sejumlah pengendara yang melewati jalan tersebut.

“Aksi perbaikan jalan ini murni spontanitas Pemuda Pancasila terhadap kondisi jalan yang rusak parah dan anak-anak Pemuda Pancasila ini sangat antusias mengerjakannya sejak Rabu (7/4/2021) hingga hari ini” ujar David Ricardzoni.

Dikatakannya, masyarakat sudah lama mengharapkan bantuan pemerintah untuk segera memperbaiki jalan yang terban tersebut. Diyakininya, kalau tidak juga dilakukan perbaikan, dikhawatirkan badan jalan putus.

“Bila badan jalan putus, tentu hubungan Lubuk Basung- Batu Kambing-Palembayan, lewat jalan tersebut juga akan terputus,” ujarnya kesal.

Ia berharap aksi Pemeda Pancasila juga bisa menjadi penyemangat dan pemicu bagi warga lainnya agar jangan menunggu pemerintah jika melihat jalan rusak yang sudah membahaya jiwa orang yang melaluinya.

Apa yang dilakukan oleh Pemuda Pancasila ini, ternyata mendapat apresiasi dan pujian dari Anggota DPRD Agam, Noveri Edios.

Saat menyambangi lokasi goro Pimpinan Ranting PP Lubuk Basung, Ketua Fraksi PBB-Hanura-Berkarya DPRD Agam itu, Kamis (8/4/2021) menyebutkan, rasa kepedulian Pemuda Pancasila Lubuk Basung tersebut memang jarang ditemui saat ini.

“Pemuda Pancasila kita akui berjiwa patriot dan selalu ingin membantu terhadap sesamanya. Terimakasih telah bersemangat dalam gotong royong ini, semoga ini sebagai bentuk ladang amal yang berkah bagi kita semua, Aamiin” ucapnya. (Evie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here