Lubuk Basung – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Agam, Indra Rusli mengajak masyarakat untuk terus waspada selama pandemi Covid-19. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk mengikuti instruksi yang dikeluarkan pemerintah daerah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Bagi yang tidak begitu memiliki kepentingan, memilih berdiam diri di rumah adalah cara terbaik untik memutus mata rantai Covid-19. Untuk itu, kurangi aktivitas di luar selama itu tidak begitu mendesak,” ujarnya saat dikonfirmasi Komapos, Selasa (7/4) di Lubuk Basung.

Selain itu, sambung Indra Rusli, menerapkan pola hidup sehat adalah cara ampuh untuk mencegah terserang virus. Pihaknya mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

“Selain kebersihan tangan. Menjaga makanan atau asupan gizi juga diperlukan, agar imunitas tetap terjaga,” imbuhnya.

Dikatakan, bagi masyarakat yang mengalami gejala Covid-19 atau yang baru datang dari wilayah terpapar, diharapkan melapor ke puskesmas terdekat. Pihak puskesmas akan melakukan pemeriksaan untuk tindakan lebih lanjut.

Sebagai upaya pencegahan, Indra Rusli mengatakan pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti mengawal kesehatan setiap pengendara yang memasuki wilayah agam.

Hingga hari ini, Per 7 April 2020, data kasus Covid-19 di Kabupaten Agam mengalami penurunan. Jumlah data ODP 346 kasus, dan PDP tercatat 5 kasus.

“Jumlah tersebut turun dari 353 ODP dari hari sebelumnya. Minimal, selama 14 hari kami masih tetap memantau ODP tersebut,” tutupnya. (KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here