Lubuk Basung – Program Agam menyemai yang digalakan pemerintahan daerah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dinilai sangat membantu perekonomian masyarakat saat masa sulit pendemi Covid-19.

Saat ditemui, salah seorang masyarakat Kampuang Parik, Nagari Garagahan, Sasmaniar (62) mengatakan, adanya Program Agam Menyemai terasa begitu membantu di saat keadaan seperti ini.

Dengan adanya program tersebut ia tidak harus pergi ke pasar untuk membeli keperluan sehari-hari.

“Saya sekarang takut keluar apalagi ketengah keramaian seperti kepasar, takutnya nanti selain bawa belanjaan saya juga bawa virus Corona pulang ke rumah,” ujarnya saat berbincang-bincang dengan Komapos Rabu (8/4).

Sasmaniar merasa bersyukur karena didekat rumahnya ada tanaman singkong, katuk, kelapa dan tanaman sayur lainnya.

“Saya juga menanam berbagai jenis rempah-rempah, jadi untuk bumbu masakan saya tidak pernah beli, semua ini sangat membantu sekali terhadap kebutuhan pangan saya apa lagi di saat keadaan seperti saat ini,” ungkap Sasmaniar.

Hal yang serupa juga disampaikan Ani (65), warga Nagari KotoTangah Kecamatan Tilatang Kamang, Wanita ini kesehariannya sebagai pedagang dan rempah ini mengaku tidak berjualan dulu, karena mengikuti peraturan dari Pemda Agam untuk tidak melakukan aktivitas jual beli hingga beberapa waktu kedepan.

“Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saya bisa mengambil sayur mayur yang saya tanam dikebun samping rumah, selain itu saya juga punya kolam ikan,” Katanya.

Beberapa waktu yang lalu Bupati Agam, Indra Catri juga telah menyuarakan pada masyarakat untuk kegiatan Agam Menyemai dengan pemanfaatan lahan yang semaksimal mungkin gunanya untuk membantu keadaan di masa sulit seperti saat ini.

“Manfaatkanlah lahan yang ada tanamlah sayur-mayur dan rempah agar kita bisa terbantu dengan ke butuhan pangan harian kita dan kita bisa manfaat semua itu untuk membantu kebutuhan di masa yang sulit seperti saat ini,” ucap Bupati Agam beberapa waktu yang lalu. (KP/Jen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here