Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Palupuh diganjar penghargaan terbaik satu sebagai penyelanggara pemilu dengan tingkat partisipasi tertinggi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam. Partisipasi pemilih di Kecamatan Palupuh mencapai 61 persen.

Ketua PPK Palupuh, Okdirianto melalui Kordiv Infomasi dan Data, Afriadil Hamsyah menuturkan jumlah pemilih di Kecamatan Palupuh tercatat sebanyak 10.753 orang. 61 persen di antara menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu Serentak 2020.

“Untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur pemilih di sini yang menyalurkan hak pilihnya sebanyak 6.248 orang, sedangkan pemilihan bupati dan wakil bupati sebanyak 5.579 orang,” ujarnya, Minggu (24/1).

Dirinci lebih lanjut, Kecamatan Palupuh mempunyai 45 TPS yang tersebar di 4 nagari. Nagari Koto Rantang 8 TPS, Nagari Pasia Laweh 14 TPS, Nagari Pagadih 5 TPS dan Nagari Nan Tujuah 18 TPS.

Di Nagari Koto Rantang, jumlah pemilih yang menyalurkan hak pilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur sebanyak 1.299 orang, pemilihan bupati dan wakil bupati sebanyak 570 orang.

Pemilih yang menyalurkan hak pilih di Pasia Laweh sebanyak 2.078 orang untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, 2.074 orang untuk pemilihan bupati dan wakil bupati. Di Nagari Pagadih, 693 pemilih menyalurkan hak pilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, 698 untuk pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Sedangkan di Nan Tujuah, 6.248 pemilih untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, 2.237 untuk pemilihan bupati dan wakil bupati,” sebutnya.

Menurut Afriadil, menggencarkan sosialisasi di media sosial dan kelompok organisasi sosial menjadi cara PPK Palupuh dalam menggaet partisipasi pemilih. Selain itu, tim kampanye empat calon dinilai memberi pengaruh signifikan dalam mendatangkan partisipasi pemilih.

“Selain itu kami juga gencarkan koordinasi dan sosialisasi bersama Forkopimca Palupuh, Panwas Palupuh,” imbuhnya.

Atas tingkat partisipasi yang diraih, katanya lagi, PPK Palupuh menyebut hal tersebut merupakan hasil kerjasama banyak pihak.

“Ini hasil kerja bersama. Kami ingin berterima kasih kepada KPU Agam, Forkopimca Palupuh, PPS, PPDP, KPPS, kawan-kawan sekretariat dan peserta pemilu yang telah bersama-sama mensukseskan pemilihan 2020 di Kecamatan Palupuh,” ujarnya. (Fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here