Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dalduk KB PP dan PA, mulai membuka pendaftaran untuk pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2021.

Kabid Keluarga Berencana (KB) Masirin di ruangan kerjanya, Senin (11/1) mengatakan, pendaftaran mulai dibuka hari ini sampai 14 Februari 2021.

“Pendaftaran secara online di http//bit.ly/yukdaftardugenagam2021,” ujarnya.

Ia menjelaskan, peserta untuk Duta GenRe ini berusia 15 sampai 22 tahun, serta mampu berbahasa asing, sehat, cerdas, ceria dan terhindar dari Triad KRR atau kesehatan reproduksi remaja. Kemudian tidak pernah mengikuti pemilihan Duta GenRe di daerah lain.

“Pemberitahuan ini sudah kita sebar di setiap kecamatan melalui penyuluh KB,” sebutnya.

Dijelaskan, seleksi akan dilaksanakan 13-14 Februari 2021, yang mencakup terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku tarkait substansi GenRe. Kemudian skills terkait pengelolaan PIK remaja, skills kedutaan, skills kepemimpinan dan skills adaptasi digital.

“Bagi yang lulus seleksi akan dilanjutkan technical meeting 23 Februari 2021 dan karantina 25-26 Februari 2021. Sedangkan untuk grand final 27 Februari 2021,” jelas Masirin.

Dikatakan, Kabupaten Agam setiap tahun melakukan pemilihan Duta Genre ini, dimana tahun 2020 lalu perwakilan Agam terpilih menjadi Duta GenRe kategori entrepreneurship tingkat Sumbar.

Menurut Masirin, fungsi Duta GenRe ini sangat strategis di kalangan remaja, terutama dalam meningkatkan kualitas Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (BKBR). Duta GenRe ini juga melakukan advokasi serta konseling kesehatan reproduksi (Kespro) remaja dan gizi remaja.

Disisi lain Duta GenRe dapat meningkatkan dan penguasaan pengetahuan life skill, termasuk menciptakan generasi berencana untuk remaja unggul. (Fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here