Kota Padang – Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menegaskan, bahwa Pemerintah Provinsi Sumatra Barat telah menyiapkan program jaringan pengaman sosial (JPS) untuk masyarakat yang secara ekonomi terdampak wabah Covid-19.

Uang akan dibagikan sebesar Rp.200 ribu per keluarga selama 3 bulan. Lusa sudah direalisasikan.

Anggaran program JPS tersebut berasal dari alokasi sejumlah anggaran berbagai sumber sehingga nantinya dana tersebut ada yang diakomodasi dalam APBD Perubahan.

“Dana itu akan dibagikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp.200 ribu setiap orang selama tiga bulan sesuai dengan nama-nama yang diserahkan oleh pemerintah kabupaten-kota. Paket itu akan diberikan kepada 359 ribu lebih masyarakat yang terdampak Corona di Sumbar,” kata Irwan Prayitno, Gubernur Provinsi Sumbar, saat Rapat Koordinasi Teknis Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di Sumbar yang dilaksanakan di Aula Kantor Gubernur, Rabu (8/4/2020).

Dia menjelaskan, untuk sementara baru tujuh kabupaten-kota yang menyerahkan daftar nama-nama tersebut.

“Insyaallah besok lusa sudah bisa kita bagikan,” ungkapnya.

Sekaiatan dengan mengantisipasi kemungkinan terburuk penyebaran Covid-19 di Sumbar, Irwan Prayitno menginformasikan bahwa telah ada ratusan lebih ruangan isolasi disiapkan untuk pasien dalam pengawasan (PDP).

“Semuanya ada 407 tempat tidur yang telah disediakan,” sambutnya.

Rapat koordinasi ini dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Drs. H. Nasrul Abit, Asisten III Setda Sumbar Drs. Nasir Ahmad, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, dr. Hj Merry Yuliesday, Mars, Ketua IDI Sumbar Dr. Pom Harry Satria, Kepala laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Dr Andani Eka Putra dan kepala rumah sakit daerah lainnya.

Sumber : sumbarsatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here