Lubuk Basung – Pemkab.Agam mulai mencairkan dana bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana APBD Agam tahun 2020.

Pencarian dana BLT itu melengkapi berbagai jenis bantuan yang telah disalurkan pemerintah dalam menghadapi dampak penyebaran pandemi Covid-19 Kabupaten Agam.

Seperti dijelaskasn Khasman Zaini, Kabag.Protokol-Komunikasi Pimpinan Agam, sesuai instruksi bupati Agam, dijadualkan mulai Rabu hari ini, Pemkab.Agam kembali menyalurkan dana BLT yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Agam 2020, sesuai target pemberian bantuan untuk 65 persen kepala keluarga (KK) di kabupaten Agam.

Khusus BLT kabupaten Agam, jelas Khasman Zaini, akan menyisir sekitar 32.733 KK atau sekitar 22 % dari seluruh KK yang ada di Kabupaten Agam, dengan dana sebesar Rp. 600.000,- kepada masing–masing KK yang dinilai berhak menerima, dan direncanakan akan disalurkan selama tiga bulan kedepan, terhitung mulai Mei, Juni dan Juli 2020, dengan total anggaran mencapai Rp.58.919.400.000

Dijelaskan, sebelumnya, pada bulan pertama menghadapi pendemi covid-19 Kabupaten Agam sudah menyalurkan bantuan bantuan beras, sayur, garam dan buahan. Bantuan ini menyasar sekitar 28 % KK yang terdaftar dalam DTKS dengan memanfaatkan dana APBD Kabupaten Agam 2020.

Sejalan dengan itu, juga disalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak covid-19 dari berbagai jenis profesi diantaranya Mubaligh, Guru Mengaji, Guru TPA/MDA, Garin Mesjid, Guru Honor dan Operator Sekolah, Jaga Sekolah, Penggiat Wisata, Pelaku seni dan Budaya, Wartawan, dan Pegawai THL sebanyak 9.849 Orang.

Sebelumnya, juga berdatangan bantuan dari para Donatur dan pihak ketiga seperti organisasi perantau masing masing Nagari, ikatan alumni di berbagai sekolah, perusahaan dan dontur lainnya, yang penyebarannya dilakukan sesuai dengan aspirasi para donatur tersebut.(KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here