Jika tidak ada aral melintang, Pemerintah Kabupaten Agam dalam waktu dekat bakal meresmikan puluhan gedung, yang telah dibangun sejak dua tahun terakhir.

Rencananya peresmian dilakukan, Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri, Rabu (27/1), di Balairung Agam, salah satu gedung yang akan diresmikan itu.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Agam, Yosefriawan, Sabtu (23/1) mengatakan, gedung yang akan diresmikan itu sebanyak 25 unit perkantoran dan sekolah, dengan pembangunannya sejak 2019.

“Kemudian juga dilakukan peresmian tiga unit pasar tradisional, dua objek wisata dan satu unit sarana air minum,” ujarnya.

Ia menjelaskan, perkantoran itu seperti kantor camat tiga unit, Kantor DPMN dan Disperindagkop UMKM, Kantor Disparpora, gedung RSUD enam unit, rumah dinas dua unit, balairung 1 unit, puskesmas lima unit, Puskesmas Pembantu tiga unit, Balai Penyuluh Pertanian dua unit, dan sekolah satu unit.

“Sedangkan pasar tradisional seperti Pakan Salasa IV Koto, Koto Alam Palembayan dan Sungai Batang, Tanjung Raya. Kemudian objek wisata Linggai Park dan Sajuta Janjang,” terangnya.

Yosefriawan memaparkan, dari seluruh item yang akan diresmikan itu menelan biaya sekitar Rp111 miliar, yang bersumber baik dari DAU, DAK, APBN maupun BLUD.

Menurutnya, peresmian nanti ditandai dengan penandatanganan plakat untuk setiap item yang akan diresmikan. Kegiatan itu bakal dihadiri secara terbatas mengingat kondisi masih pandemi Covid-19.

“Kita merencanakan kegiatan itu hanya dihadiri pimpinan OPD dan Forkopimda dengan tetap menerapkan prokes, sementara pihak dari kecamatan seperti puskesmas hanya menghadiri secara virtual,” sebutnya. (Fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here