Lubuk Basung – Guna memantau aktifitas pasar di saat new normal, Pemerintah Kabupaten Agam, melalui Satuan Tugas Tatanan Baru Produktif dan Aman COVID-19, mendirikan Posko New Normal di beberapa titik di kawasan Pasar Serikat Garagahan-Lubuk Basung di Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Posko ini didirikan untuk memantau aktivitas di Pasar dalam menjalankan protokol kesehatan COVID-19 di masa new normal.

Salah satu anggota satgas, Sri Mahyuni, yang ditemui wartawan di lokasi, Senin (21/6), menyebutkan, pendirian Posko New Normal ini selain memantau, juga untuk terus memberikan pemahaman pada setiap orang yang beraktivitas di pasar untuk mengutamakan protokol kesehatan COVID-19.

“Ada lima posko, didirikan di tiap pintu masuk pasar. Masing-masing posko dijaga langsung oleh tim gabungan yang terdiri dari, Polri, TNI, BPBD, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Agam,”ungkap Sri Mahyuni.

Dijelaskan, bagi para pengunjung pasar, sebelum masuk pasar, diwajibkan melakukan pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan pakai sabun, serta wajib memakai masker.

“Intinya kita ditugaskan memantau dan mengimbau masyarakat yang belanja di pasar yang biasanya berdesakan, kita minta untuk jaga jarak. Pembeli dan pedagang kita imbau wajib memakai masker dan mengikuti protokol kesehatan,” tuturnya.

Diungkapkan, untuk memastikan masyarakat mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, tim juga melakukan patroli berkala di dalam pasar

“Pos ini akan tetap beroperasi selama masa tanggap darurat COVID-19 di Kabupaten Agam, yaitu sampai tanggal 28 Juni 2020. Kedepannya lagi akan menyesuaikan dengan kebijakan-kebijakan yang akan dibuat oleh Pemkab Agam,” ujarnya.

Sri Wahyuni berharap, dengan diterapkannya protokol kesehatan sebelum memasuki pasar, bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di tengah masyarakat. (KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here