Koto Malintang – Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap II ke 156 Kepala Keluarga (KK). Bantuan itu diperuntukkan kepada masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19.

Walinagari Koto Malintang Nazirudin Dt Palimo Tuo, mengatakan masing-masing warga yang menerima bantuan tersebut kembali mendapatkan uang tunai senilai Rp 600.000 per bulan.

Setelah sebelumnya mereka juga telah menerima BLT DD Tahap I senilai Rp 600.000.

“BLT DD Tahap I itu periode bulan April 2020 senilai Rp 600 ribu. Kemudian mereka kembali menerima bantuan tersebut tahap II periode bulan Mei yang Jumlahnya sama dengan bantuan tahap I. Rencananya BLT DD ini ada tiga tahap, masing-masing periode bulan April, Mei, dan Juni 2020,” katanya, Senin (15/6).

Dikatakan Nazirudin, penyaluran BLT DD Tahap II sudah dilakukan pada Jumat (12/6) kemarin, dengan melibatkan Walijorong, perangkat Nagari, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Mahasiswa KKN.

“Bantuan itu langsung kita antar ke rumah masing-masing penerima di Nagari Koto Malintang meliputi di 5 Jorong yaitu Jorong Rambai, Jorong Kampuang Ambacang, Jorong Pauah Taruko, Jorong Tanjuang Alai, dan Jorong Muko-muko,” ujarnya.

Ia menambahkan, masing-masing penerima BLT DD itu sebelumnya sudah melalui proses verifikasi lapangan yang dilakukan oleh Perangkat Nagari, kemudian hasilnya ditetapkan dalam Musyawarah Nagari.

“Sasaran penerima BLT DD ini adalah warga miskin yang ekonominya benar-benar terdampak Covid-19, tidak menerima bantuan PKH, BPNT, kartu pra-kerja, dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis,” ujar Nazirudin.

Diharapkan, bagi penerima bantuan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok harian, dan bisa meringankan beban ekonomi warga miskin yang terdampak Covid-19. (KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here