Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam gelar pelatihan kebencanaan bagi Kelompok Siaga Bencana (KSB), di lapangan objek wisata Garuda Mas Jorong Batu Hampa, Sabtu (20/2).

Kegiatan yang diikuti 40 orang anggota KSB ini, dibuka Kalaksa BPBD Agam, Mhd Lutfi sekaligus bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut.

Menurut Mhd Lutfi, pelatihan ini digelar upaya untuk meningkatkan pengetahuan anggota KSB terkait kebencanaan, supaya mereka tahu apa yang akan dilakukan ketika terjadi bencana.

“Apalagi Agam merupakan daerah rawan bencana, tak terkecuali di Nagari Manggopoh,” ujarnya.

Untuk itu, KSB sebagai perpanjangan tangan BPBD di nagari, harus memiliki pengetahuan dalam penanganan bencana, supaya dapat meminimalisir risiko yang ditimbulkan jika terjadi bencana.

“Dalam melakukan penanganan bencana, tentu KSB ini juga harus memperhatikan keselamatan di lapangan,” sebutnya.

Diharapkannya anggota KSB mengikuti pelatihan ini dengan baik, supaya materi yang diberikan dapat dimengerti dan mampu melaksanakannya apabila terjadi bencana.

Materi yang diberikan dalam pelatihan itu seperti, manajemen penanggulangan dan penanganan darurat bencana, pemasangan tenda serta simulasi penggunaan perahu untuk mengevakuasi korban.

Wali Nagari Manggopoh, Ridwan mengatakan, KSB di Manggopoh selama ini cukup aktif, sehingga setiap kejadian KSB selalu tampil dengan fungsinya sebagai perpanjangan tangan BPBD.

“Namun juga perlu dilakukan peningkatan pengetahuan dalam penanganan bencana ini,” jelasnya. (Fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here