Komapos.com, LUBUK BASUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam, Sumatera Barat gelar rapat pleno terbuka penetapan nama calon terpilih anggota DPRD Agam periode 2019-2024, Selasa (13/8/2019). Berdasarkan hasil akhir penghitungan suara, keterwakilan kaum perempuan hanya diwakili oleh 4 orang anggota dewan.

Dari seluruh anggota DPRD Kabupaten Agam, jumlah anggota perempuan 4 orang, sementara laki-laki ada 41 orang.

Itu artinya, keterwakilan perempuan di DPRD Kabupaten Agam 2019-2024 hanya 8,9 persen, tak mencapai 30 persen. Padahal, keterwakilan perempuan di parlemen diharapkan mencapai 30 persen.

Pasal 65 Ayat 1 Undang-undang Nomor 12 Tahun 2003 tentang Pemilu menyatakan, “Setiap partai politik peserta pemilu dapat mengajukan calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota untuk setiap daerah pemilihan dengan memperhatikan keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30 persen.”

Ketua KPU Agam, Riko Antoni menyebut jumlah 4 orang kaum perempuan yang terpilih pada periode ini justru meningkat dari periode sebelumnya. Jika sebelumnya hanya ada satu orang, saat ini diwakili oleh 4 orang.

“Empat anggota DPRD yang terpilih dari kaum perempuan itu atas nama Nesi Harmita dari Partai Gerinda, Asnidar dari PKS, Aderia dari Partai Demokrat dan Suhermi dari PKS,” sebut Riko. (KP/Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here