Jamari Sakato Gelar FGD Ecological Fiscal Transfer di Agam

  • Whatsapp

Komapos.com – Jemari Sakato gelar Forum Group Discussion (FGD) tentang pembahasan rancangan kebijakan Ecological Fiscal Transfer (EFT), di Hotel Sakura Lubuk Basung, Selasa (6/9).

Direktur Jemari Sakato Robi Syafwar menyebutkan, sebagai lembaga swadaya masyarakat Jemari Sakato sejak 2021 fokus terkait pengelolaan lingkungan.

“Jemari Sakato bersama The Asia Foundation bekerjasama dalam upaya mengelola lingkungan hidup, dengan program Selamatkan Hutan dan Lahan Melalui Perbaikan Tata Kelola (SETAPAK),” ujarnya.

Dikatakannya, program yang dirancang melalui skema EFT ini ada tiga pendekatan yaitu, TANE di level nasional, TAPE provinsi dan TAKE kabupaten.

“Tahapannya sudah berlangsung sejak Oktober 2021, secara program akan berakhir Oktober 2022,” sebutnya.

Ia menjelaskan, tahapannya mulai dari sosialisasi sampai perumusan, indikator dan lainnya sudah dilaksanakan, kemudian akan diturunkan dalam sebuah kebijakan.

“Draf kebijakan sudah disiapkan, kita berharap dukungan Bupati Agam agar dapat menerima inovasi ini, dengan melegalkannya melalui Perbup,” harap Robi.

Sementra itu, Bupati Agam, Dr H Andri Warman saat hadiri FGD menyatakan dukungan terhadap program Jemari Sakato tersebut.

“Melalui program ini kita berharap dapat membantu menyelesaikan masalah degradasi hutan dan lahan di Agam,” ucapnya.

Sebab katanya, Agam wilayahnya luas dengan topografi beragam, yang potensi kebencanaannya juga sangat tinggi.

Tentu dengan EFT ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan berbagai persoalan ekologi termasuk kehutanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.