Ini 4 Jus yang Ampuh untuk Turunkan Tekanan Darah

  • Whatsapp

Komapos.com – Tekanan darah tinggi alias hipertensi adalah kondisi yang tidak boleh dianggap sepele. Maka dari itu, perlu tahu cara untuk menurunkannya, salah satunya dengan mengonsumsi jus penurun tekanan darah. Hal ini disebut dapat membantu mengontrol dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Lantas, apa saja jenis minuman yang bisa dikonsumsi?

Tekanan darah normal pada orang dewasa adalah 100-120/60-90 mmHg. Tekanan darah dikatakan tinggi jika hasil pemeriksaan menunjukkan angka di atas 130/90 mmHg. Kondisi ini harus ditangani untuk menurunkan risiko terjadinya komplikasi, seperti stroke dan serangan jantung. Pengidap hipertensi biasanya harus mengonsumsi obat untuk mengontrol tekanan darahnya.

Jus Penurun Tekanan Darah yang Bisa Dikonsumsi

Selain minum obat secara rutin, menerapkan gaya hidup sehat juga penting bagi pengidap hipertensi. Salah satunya dengan banyak mengonsumsi makanan maupun minuman penurun darah tinggi, misalnya jus buah. Sebab, buah banyak mengandung serat, magnesium, hingga kalsium yang membantu mengontrol kadar gula darah.

Ada beberapa jenis jus penurun tekanan darah yang bisa dikonsumsi, antara lain:

Jus Tomat

Salah satu minuman yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah adalah jus tomat. Hal ini diduga terkait dengan kandungan potasium yang ada di dalam tomat. Mengonsumsi setidaknya satu gelas jus tomat setiap hari dipercaya mampu menjaga tekanan darah stabil.

Jus Beri

Jus penurun tekanan darah selanjutnya adalah jus buah beri, misalnya blueberry. Jenis buah ini diketahui banyak mengandung senyawa flavonoid yang bisa menurunkan tekanan darah.

Jus Bit

Rutin mengonsumsi buah bit bisa menjadi satu cara untuk menurunkan tekanan darah, termasuk jika dijadikan jus. Manfaat ini bisa didapat berkat kandungan nitrat yang ada pada buah bit. Kandungan ini akan diubah tubuh menjadi nitrit oksida, yang berguna untuk menjaga tekanan darah.

Jus Delima

Buah delima juga memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah. Sebab, jenis buah yang satu ini memiliki efek antiinflamasi yang cukup kuat, sehingga baik untuk memelihara kesehatan sistem kardiovaskular.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.