Komapos.com, KOTA PADANG – Ikut menjaga lingkungan dari dampak sampah plastik, Masjid Al Mubarak, Kelurahan Batang Arau, Kota Padang gunakan daun pisang sebagai pembungkus daging kurban. Pembagian daging kurban dengan bungkus daun pisang ini sudah berlangsung selama dua tahun.

Ketua Pengurus Masjid Al Mubarak, Hendiril, menyebut pihak masjid merasa terpanggil untuk menjaga keselamatan lingkungan dari sampah plastik. Dikatakannya, pihak masjid juga ingin terlibat menyukseskan program Pemerinta Kota Padang.

β€œIni bentuk menuruti seruan Wali Kota Padang tentang pemakaian kantong plastik agar tidak terjadi pencemaran terhadap lingkungan, khususnya di kawasan daerah sungai,” tuturnya, Senin (12/8/2019).

Menurut Hendiril, penggunaan daun pisang sebagai pembungkus daging, bisa menjaga kesegaran potongan daging. Tidak hanya itu, daun pisang menjaga aroma daging agar tidak terlalu berbau.

Tidak itu saja, lanjutnya, penggunaan daun pisang terbilang sangat irit biaya. Bahannya pun banyak tersedia di lingkungan sekitar. Terpenting tidak meninggalkan limbah plastik.

β€œSelain ikut menjaga lingkungan dari sampah plastik, kami juga dapat mengirit pengeluaran,” imbuhnya.

Dikatakan Hendiril, kurban tahun ini Masjid Al Mubarak menyembelih lima ekor sapi dan tiga ekor kambing yang dibagikan kepada warga sekitar Sungai Batang Arau. (KP/Dal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here