Lubuk Basung – Bupati Agam, Dr. Indra Catri, mengimbau banyak pihak untuk saling bahu membahu dalam menghadapi kondisi bencana Covid-19 yang tengah mendera. Dia mengajak untuk tidak saling menghujat dan melemahkan serta perkuat imunitas sosial.

“Para tokoh masyarakat hendaknya ambil bagian secara lebih aktif lagi mencarikan solusi, sebagai penyejuk di tengah masyarakat saat kondisi bencana mendera,” ujarnya, Minggu (5/4).

Niniak Mamak, sambungnya lagi, diharapkan lebih aktif mengayomi, melindungi, dan mendamping anak kamanakannya dalam menghadapi kondisi sulit saat ini.

“Yakinlah kalau kita disiplin kondisi ini akan segera berlalu. Jangan sampai terjadi hendaknya apa dikhawatirkan oleh nenek moyang kita, niniak mamak basilengah, anak kamanakan basiarak jo baserak. Lain padang lain bilalang, lain nagari lain penanganannya,” pungkasnya.

Pihaknya berharap tokoh masyarakat untuk terlibat memberikan edukasi kepada masyarakat. Sebab, menurutnya peran tokoh masyarakat dan ninik mamak sangat vital di tengah kondisi bencana.

“Mari edukasi masyarakat awam supaya tidak bingung dan terprovokasi menerima segala informasi. Jika tidak, bisa hancur imunitas sosial dan individual kita, dan virus mudah menyeran,” tuturnya.

Ditambakan Indra Catri, Pemerintah Kabupaten Agam sebagai bagian dari Pemerintah Sumatera Barat dan NKRI akan terus berupaya agar seluruh masyarakat di Kabupaten Agam terbantu dalam menghadapi wabah COVID-19.

Hingga saat ini, pihaknya terus laksanakan penyaluran sembako di seluruh nagari dengan melibatkan banyak pihak dan relawan.

“Kepada pihak jorong, walinagari, beserta relawan dan perangkatnya kami ucapkan terimakasih dan pengahargaan yang setinggi-tingginya. Selamat berjuang dan bekerja sambil terus malakukan sosialisasi dan pendataan, menjadi pejuang Covid-19,” tutup bupati. (KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here