Agam.Komapos.com – Pemerintah Kabupaten Agam,Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahap III gelombang I. Bantuan sosial untuk masyarakat terdampak wabah Covid-19 ini, sudah mulai disalurkan pihak nagari sejak anggarannya dicairkan dan mulai disalurkan Senin (29/6).

Kepala DPMN Agam, Teddy Martha mengatakan, penerima BLT DD ini sebanyak 11.401 KK atau 7,73 persen dari jumlah KK yang ada di Kabupaten Agam. Masing-masing KK menerima Rp.600.000 per bulan, terhitung untuk 3 bulan yaitu April, Mei dan Juni 2020. “Alhamdulillah gelombang I sudah selesai kita salurkan dan saat ini kita  akan mengkaji bantuan gelombang II,” ujarnya Jum’at (3/7/2020).

Menurut Teddy, untuk mencairkan gelombang ke II, Pemerintah Kabupaten Agam harus mengkaji dan menghitung ketersediaan anggaran di setiap nagari, kebudian barulah disusun kedalam Perbup.

“Kita hitung dulu ketersediaan anggaran di nagari dan disusun kembali perbupnya,” kata Teddy.

Menurutnya, apabila bantuan gelombang II berlanjut, maka diperuntukkan untuk Juli, Agustus dan September 2020. Untuk besarannya dihitung dulu ketersediaan anggaran nagari, kemudian diminta arahan dari Pemprov Sumbar dan Kementerian.

“Pada gelombang I anggaran nagari untuk BLT ada 25 persen, 30 persen dan 35 persen dari anggaran yang tersedia,” tutupnya.

(KP-jen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here