Lubuk Basung – Pengadilan Agama (PA) Lubuk Basung mencatat jumlah permohonan dispensasi nikah oleh pasangan di bawah umur mengalami peningkatkan di Kabupaten Agam. Tercatat per akhir Mei 2020, ada 10 pemohon yang mengajukan dispensasi nikah.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berenca, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Agam, Erniwati, mengingatkan pasangan menikah di bawah umur soal kesehatan reproduksi.

“Sebenarnya pada peraturan BKKBN usia yang dianjurkan menikah itu adalah 25 tahun untuk laki-laki dan 21 tahun untuk perempuan,” ujarnya saat dikonfirmasi Komapos, Rabu (3/6).

Menurutnya, menikah di bawah umur memiliki risiko pada kesehatan reproduksi. Kehamilan yang terjadi pada pasangan yang masih belum cukup umur akan berdampak pada kesehatan rahim dan risiko kesehatan bagi anak yang dilahirkan itu sendiri.

“Selain itu, pernikahan dini menimbulkan masalah baru yaitu risiko tinggi terhadap kehamilan dini dan kehamilan tidak diinginkan, dengan konsekuensi ancaman kehidupan remaja putri dan calon anak,” tuturnya.

Kemudian lanjutnya, hal itu juga berdampak pada generasi ke depan terkait dengan pola asuh kedua orangtua yang menikah dini.

Mengingat risiko yang demikian, Erniwati mengajak remaja untuk lebih aware terhadap pendidikan kesehatan reproduksi. Sebelum menikah, penting untuk tahu tentang kesehatan reproduksi, pola asuh anak yang benar, serta bagaimana menjaga keharmonisan keluarga.

“Sebenarnya sebelum mendaftar diri ke KUA, kami mempunyai balai di tingkat nagari, dimana di balai itu pasangan yang akan menikah akan mendapatkan konseling membangun rumah tangga,” imbuhnya.

Selain mengingatkan soal kesehatan reproduksi, pihaknya juga mengingatkan dampak yang timbul setelah pernikahan. Menurutnya, usia yang belum matang terbilang masih labil dalam membangun keharmonisan rumah tangga.

“Terkadang miss komunikasi sedikit bisa berujung pada perceraian, kan ujung-ujungnya yang menjadi korban adalah sang anak, untuk itu perlu dipikir dulu sebelum memutuskan untuk menikah,” tutupnya. (KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here