Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pariwisata memastikan bahwa event balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2021 bakal kembali digelar.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Novrial mengatakan ada banyak hal yang membuat TdS tetap diselenggarakan meski pandemi Covid-19 belum berakhir.

Namun agar penyelenggaraan TdS dapat berjalan secara aman, telah dilakukan berbagai persiapan yakni melalui rapat bersama sejumlah pihak yang terlibat.

“Kita telah menggelar beberapa kali rapat koordinasi. Belum lama ini kita menggelar rapat juga, bersama Pemprov Sumatera Barat, Jambi, serta dari tim teknis Ikatan Sepeda Sports Indonesia (ISSI), dan pihak terlibat lainnya,” katanya, Minggu (21/2/2021).

Novrial menjelaskan hal yang membuat TdS 2021 tetap jalan, karena TdS yang telah 11 kali dilaksanakan merupakan Branding Position pariwisata Sumbar – Jambi yang valuenya masih sangat kuat.

Lanjut TdS 2021 ini adalah sebagai jembatan untuk pelaksanaan TdS 2022 yang sedang diupayakan pelaksanaannya oleh pihak swasta, lepas dari APBD. Sedangkan TdS 2020 tidak bisa terselenggara, karena kondisi pandemi Covid-19 masih dalam situasi yang belum tertangani dengan baik.

“Pelaksanaan TdS 2021 ini juga sebagai ajang pembuktian bahwa kita mampu melaksanakan Event Sport Tourism berkelas Internasional dengan perlakuan khusus dan protokol kesehatan yang amat ketat,” ujarnya.

Novrial menegaskan untuk TdS 2021 dapat dikatakan ada hal yang baru. Karena setelah mendapat informasi dari Tim Teknis ISSI bahwa etape pelaksanaan tidak harus sebanyak TdS sebelumnya.

Artinya Federasi Balap Sepeda Internasional UCI mengizinkan minimal 2 Etape dilaksanakan.

Untuk diketahui, TdS 2021 akan diselenggarakan di 6 kabupaten dan kota yang tersebar di Provinsi Sumbar dan Jambi, yaitu Kota Padang, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Solok, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Meskipun berkurang secara kuantitas, namun pihak penyelenggara menjamin bahwa TdS 2021 akan meningkat secara kualitas lewat berbagai hal baru.

Sumber : Kumparan.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here