Maninjau – Selain melakukan penyemprotan disinfektan, upaya penanggulangan Covid-19 juga dilakukan dengan membentuk posko, seperti yang dilakukan di Nagari Maninjau. Posko tersebut diperuntukan bagi masyarakat Nagari Maninjau.

Walinagari Maninjau, Alfian kepada mengatakan, posko Covid-19 digalakan pemerintah Nagari dan Kelompok Siaga Bencana atau KSB. Posko pencegahan Covid-19 ini digunakan sebagai tempat melapor dan medata perantau yang pulang kampung ke Nagari Maninjau.

Dijelaskan relawan posko akan melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan yang datang dari arah Bukittinggi.

“Kendaraan itu akan disterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. Bagi penumpangnya, mereka akan melakukan pengecekan suhu badan,” katanya Selasa, (21/4).

Disebutkan Alfian, pihaknya juga sudah melakukan langkah penanggulangan Covid19 dengan berbagai upaya, seperti penyemprotan disinfektan, sosialisasi penanganan Covid19, memberikan bantuan dan masker, serta memberikan himbauan kepada pemancing agar tidak melakukan aktivitas memancing di Danau Maninjau

Pihaknya juga membuka lahan untuk ketersediaan pangan jenis sayuran di Jorong Kubu Baru. Dalam waktu dekat pemerintah Nagari dan KSB akan melakukan pembersihan lahan, selanjutnya akan ditanami sayuran jenis kangkung dan bayam.

Dengan adanya Posko dan sejumlah upaya yang telah dilakukan, Walinagari Maninjau berharap agar pandemi Covid19 ini segera berakhir, dan aktivitas masyarakat kembali pulih.

“Semua itu dilakukan dengan mematuhi segala aturan pemerintah, dan menjalankan protokol kesehatan agar pandemi virus Corona segera berakhir,” harapnya. (KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here