Lubuk Basung – Guna mencegah penyebar luasan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Lubukbasung, maka mulai hari ini, Kamis,(7/5) pasar Padang Baru ditutup untuk seluruh aktivitas perdagangan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Ketua harian GTP2 Covid-19 Agam H.M.Dt. Maruhun, menyebut penutupan tersebut menyikapi perkembangan situasi yang mulai rawan, pasca hasil tes swab salah seorang petugas medis di puskesmas Lubukbasung yang dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Dikatakan, penutupan aktivitas juga dilakukan di berbagai tempat yang pernah dikunjungi warga positif terpapar itu, termasuk salah satu salon kecantikan di kawasan Lapau Talang, Lubukbasung.

Ketua harian GTP2 Covid-19 Agam, menyebut penutupan tersebut menjadi salah satu keputusan penting yang ditetapkan saat rapat khusus pasca 5 warga Agam positif Covid-19.

Dijelaskan M.Dt.Maruhun, pasar menjadi salah satu media paling rawan bagi penyebaran covid-19, karena tingginya aktivitas masyarakat, interaksi antara pedagang dan pembeli, serta kunjungan pedagang dari luar wilayah, membuat kondisi semakin rentan.

“Kami meminta langkah itu didukung semua pihak, karena hal itu sebagai upaya penyelamatan bagi semua masyarakat,” tegasnya.

Sebagai gantinya, aktivitas perdagangan, sejak April lalu, pemerintah bersama berbagai elemen yang ada, sudah mencari solusi dengan belanja online atau solusi lain, sesuai dengan protokol penanganan Covid-19 yang ditetapkan.

Disebutkan, keputusan penutupan aktivitas pasar serikat Padang Baru, Lubukbasung, mulai Kamis besok itu sudah disepakati semua unsur. Bahkan, Rabu malam, spanduk pengumuman penutupan aktivitas pasar itu sudah dipasar pemuda dan satgas siaga Covid-19 nagari Lubukbasung dan Garagahan, termasuk sosialisasi melalui media sosial sudah disebarluaskan pada masyarakat.

“Kami berharap, tidak ada aktivitas pasar sampai kondisi betul-betul aman dan terkendali,” tutupnya.(KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here