Pemerintah resmi memberlakukan PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3 hingga 20 Juli 2021 guna mengurangi penularan COVID-19. Salah satu kebijakan untuk mendukung aturan tersebut adalah penyekatan jalan demi mengurangi mobilitas penduduk.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu jalan mana saja yang disekat, kamu bisa pantau fitur penutupan jalan di aplikasi peta online Google Maps. Cara mengaktifkannya pun cukup mudah:

Buka aplikasi Google Maps

Klik fitur ‘Layers’ yang ada di bagian kanan layar

Pilih ‘Traffic’ di bagian ‘Map Details’

Nantinya, Google Maps akan menampilkan simbol khusus dilarang masuk di jalan yang mengalami penyekatan
Fitur petunjuk penutupan jalan sendiri sebenarnya telah ada di Google Maps sejak 2019 lalu. Meski demikian, fitur ini mungkin jarang ditemukan pengguna karena peruntukannya memang untuk kondisi darurat saja.

“Fitur ini hanya tersedia di aplikasi Google Maps selama krisis,” jelas Google dalam halaman khusus di situs web mereka untuk fitur penutupan jalan.

“Anda dapat melaporkan penutupan jalan selama krisis untuk memberi tahu orang lain tentang penutupan jalan dan menavigasi rute yang berbeda.”

Berdasarkan pantauan, fitur road closure atau penutupan jalan di Google Maps juga di-update secara berkala. Kamu bisa melihat kapan terakhir kali update tersebut diberikan lewat keterangan yang ada di label.

Selain berfungsi untuk memantau jalan yang ditutup, fitur penutupan jalan di Google Maps juga memungkinkan kamu berkontribusi untuk memberikan update jalan yang ditutup. Berikut caranya:

Untuk pengguna iPhone

Buka Google Maps

Ketuk Explore, lalu Crisis lalu klik Report penutupan jalan.

Ketuk jalan yang ingin kamu laporkan sebagai jalan yang ditutup.

Ketuk Next.

Berikan informasi tambahan tentang penutupan.

Ketuk panah Send.

Untuk HP Android

Buka Google Maps.

Ketuk Explore lalu Crisis lalu Report penutupan jalan.

Ketuk jalan yang ingin Anda laporkan sebagai jalan yang ditutup.

Ketuk Next.

Berikan informasi tambahan tentang penutupan.

Ketuk Send.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here