Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI akan memberikan bantuan kuota internet gratis pada tahun 2021 ini. Lalu bagaimana cara dapat kuota internet gratis Kemendikbud 2021?

Bantuan kuota internet gratis ini diberikan oleh Kemdikbud sebagai salah satu bantuan pemerintah dalam menunjang belajar secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi para siswa dan mahasiswa.

Kemdikbud telah memberikan bantuan kuota internet gratis pada bulan September hingga Desember lalu kepada siswa, mahasiswa, guru dan dosen dengan total penerima lebih dari 35 juta penerima.

Pada tahun 2021 ini, bantuan kuota internet gratis akan diluncurkan pada bulan Maret dan kini masih dalam tahap finalisasi skema pemberian kuota internet gratis terbaru.

Jumlah kuota internet gratis Kemendikbud 2021 memiliki perbedaan pada setiap jenjang pendidikan. Berikut adalah rincian bantuan kuota internet gratis:

20 GB (15 GB untuk belajar dan 5 GB untuk digunakan secara umum bagi siswa dan guru PAUD)

35 GB (30 GB untuk belajar dan 5 GB untuk digunakan secara umum bagi guru SD, SMP dan SMA)

50 GB (45 GB untuk belajar dan 5 GB untuk digunakan secara umum bagi mahasiswa dan dosen)

Kemendikbud 2021 tentunya harus memenuhi berbagai syarat. Berikut adalah syarat dan cara dapat kuota internet gratis Kemdikbud:

Syarat dapat kuota internet gratis yang diberikan kepada seluruh pelajar dan pengejar di Indonesia tersebut, ialah nomor hp aktif yang akan digunakan dan nomor induk siswa/mahasiswa/pengajar.

Jika memenuhi syarat, pelajar dan pengajar bisa langsung menyerahkan nomor hp tersebut ke pihak sekolah atau perguruan tinggi.

Setelah seluruh nomor calon penerima terkumpul, maka pihak sekolah maupun perguruan tinggi akan mendaftarkan data tersebut melalui aplikasi Dapodik.

Setelah itu, hanya tinggal menunggu Kemdikbud akan mengirimkan bantuan kuota gratis sesuai nomor yang telah didaftarkan.

Kemungkinan kuota gratis Kemendikbud untuk belajar di rumah ini masih memakai cara yang sama seperti periode sebelumnya. Siswa dapat mengakses website kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Rencananya, bantuan kuota internet gratis akan segera cair di bulan Maret selama empat bulan. Namun Kemdikbud belum memberikan pengumuman resmi tersebut.

Demikian informasi cara dapat kuota internet gratis Kemdikbud 2021. Bantuan kuota internet gratis tentunya berguna bagi setiap penerima dalam menunjang pembelajaran daring.

Sumber : Suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here