Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah melantik Dr. Andri Warman-Irwan Fikri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2021-2024, di Auditorium Gubernuran, Jum’at (26/2).

Bersama Andri Warman-Irwan Fikri, juga dilantik 10 pasang Bupati- Wakil Bupati dan Wali Koto-Wakil Wali Kota yang memenangi kontestasi Pilkada 2020 kemaren.

Pelantikan kepala daerah hasil Pilkada 2020 itu dilaksanakan secara terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan ekstra ketat dan mendapat pengawalan khusus dari pihak Polri.

Mahyeldi yang juga baru saja dilantik kemaren sebagai Gubernur Sumbar oleh Presiden RI di Istana Negara, mengharapkan Bupati-Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota agar dapat melaksanakan amanah ini dengan baik, demi kemajuan kabupaten kota masing-masing dan Provinsi Sumbar di masa mendatang.

“Kita juga bersyukur karena telah melalui dan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak 2020 dengan aman, damai dan demokratis,” ujarnya.

Atas keberhasilan itu, pihaknya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada KPU, Bawaslu, aparat keamanan dan lainnya, yang telah memastikan pilkada berlangsung aman, damai dan demokratis.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Sekda masing-masing daerah yang telah melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah, sampai diangkat dan dilantiknya kepala daerah dan wakil kepala defenitif.

“Dengan dilaksanakannya acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, maka telah usai serangkaian acara demokrasi dalam menciptakan suatu pembangunan agar dapat terus maju, berkembang, bergairah dan bersemangat serta dapat memenuhi harapan masyarakat,” tutur Mahyeldi.

Kini, kata Gubernur, saatnya melangkah bersama dalam melanjutkan ujian sejarah berikutnya yang maha berat dalam mewujudkan janji-janji saat kampanye untuk mencapai kesejahteraan rakyat di kabupaten kota masing-masing.

Dengan begitu, gubernur berpesan kepada bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota yang baru dilantik, agar visi dan misinya seiring sejalan dengan visi dan misi pemerintah provinsi dalam melaksanakan pembangunan daerah.

“Kepala daerah harus berpedoman dan mengacu kepada visi dan misi gubernur, agar terjadi sinkronisasi dan harmonisasi dari daerah sampai ke pusat. Jabarkan dan implementasikan sesuai konteks dan kondisi daerah,” sebutnya.

Untuk itu, ia minta kepala daerah berlari kencang menyelesaikan tahapan itu, dan menyelesaikan RPJMD sesuai visi misi pada waktu kampanye.

Sementara itu, Bupati Agam, Dr. Andri Warman mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Agam, yang telah mempercayakannya dalam melanjutkan pembangunan di daerah itu.

“Alhamdulillah, secara resmi saya dan Irwan Fikri selaku Wakil Bupati Agam sudah dilantik oleh Gubernur Sumbar. Insyaallah, kami siap mengabdi untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya. (AMC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here