Lubuk Basung, Komapos – Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM mengikuti lanjutan Virtual Coaching Pembekalan Kepemimpinan Kepala Daerah bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Kamis (22/7).

Pada coaching keempat yang dipandu oleh Widyaiswara Senior Badiklat Kemendagri, Dr. Sugiyono, Bupati Agam didampingi Kepala BKPSDM, Budi Prawira Negara memaparkan Rencana Aksi Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dijelaskan Budi Prawira Negara, kebijakan rencana aksi pengembangan SDM Kabupaten Agam menyasar dua kelompok masyarakat, yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan masyarakat.

Bagi PNS, rencana aksi bertujuan mewujudkan pengembangan kompetensi bagi PNS paling sedikit 20 jam pelajaran per tahun.

“Pencapain tersebut dilakukan melalui Diklat Teknis, Diklat Fungsional, Bimbingan Teknis, dan Pelatihan Kantor Sendiri,” paparnya.

Selain itu, rencana aksi pengembangan SDM bagi PNS juga bertujuan mendorong PNS meningkatkan pendidikan ke strata lebih tinggi, melalui Tugas Belajar, Bantuan Biaya Pendidikan, dan Izin Belajar.

Pengembangan SDM masyarakat, menjadi fokus visi Bupati Agam, yang diwujudkan melalui peningkatan pendidikan bidang agama, penguasaan adat istiadat dan penguasaan Bahasa Inggris.

“Kemudian juga berfokus pada pengoptimalan potensi daerah, melalui peningkatan SDM Kepariwisataan, Pertanian dan UMKM,” imbuh Budi.

Dalam coaching yang juga diikuti sejumlah bupati dan wali kota itu, Dr. Sugiyono memberikan masukan kepada Bupati Agam untuk menyiapkan matriks rencana aksi yang lebih terperinci.

“Semoga dipertemuan selanjutnya, yakni pada 29 Juli, kita sudah bisa lakukan gladi resik pemaparan rencanan aksi, sehingga ketika hari H-nya pemaparannya sudah pas,” ujarnya. (KP-01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here