BPBD Kabupaten Agam melakukan pembersihan sisa material longsor yang menimpa warung warga di Ngungun Nagari Persiapan Dalko, Tanjuang Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Sabtu (9/1).

Longsor terjadi akibat tingginya curah hujan yang melanda wilayah itu, Jum’at (8/1) sekitar pukul 15.15 WIB yang menyebabkan ruas jalan provinsi Bukittinggi- Lubuk Basung terganggu.

Longsor sepanjang 20 meter dengan ketinggian 2 meter dan lebar 8 meter itu, juga menimpa satu unit warung, 2 unit motor dan 1 unit mobil dengan pemilik atas nama M. Yani (52).

“Hari ini kita melakukan pembersihan sisa material longsor yang menimpa warung milik M. Yani,” ujar Kabid KL BPBD Agam, Syafrizal.

Pembersihan ini, katanya, dilakukan dengan cara gotong royong yang melibatkan satu unit alat berat milik DPUTR Sumbar, polisi, TNI, Satpol PP- Damkar, tim Dinas Perhubungan, pemerintah kecamatan dan nagari serta warga sekitar.

“Sedangkan dua unit motor dan satu unit mobil milik M. Yani sudah dievakuasi malam tadi, begitu juga ruas jalan sudah terbuka sejak malam tadi dan sudah dapat dilewati secara normal,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto, selaku kepala BPBD Agam, Sabtu pagi juga memantau proses pembersihan material itu, diharapkannya pembersihan tuntas hari ini.

Ia berharap agar masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan dimana dan kapanpun, karena saat ini cuaca mulai ekstreme yang dapat memicu terjadinya bencana. (Fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here