Lubuk Basung – Meski sudah dikategorikan zona merah, sejumlah masyarakat di Lubuk Basung masih saja ada yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah. Padahal, saat pandemi Covid-19, masker menjadi tameng penyebaraan virus saat berinteraksi dari jarak dekat.

Merespon hal tersebut, Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Agam lakukan gerakan sadar menggunakan masker, Selasa (12/5) di Lubuk Basung. Sejumlah wartawan mensosialisasikan arti penting penggunaan masker di masa pandemi sembari membagikan masker.

“Melihat kondisi ini, kami tergerak untuk melakukan gerakan penyadaran. Sesungguhnya saat seperti ini kita mesti lebih berhati-hati, dan tidak menjadi karier Covid-19,” ujar Muhammad Fadillah, saat pembagian masker di Jl. Jendral Sudirman.

Dikatakan Fadil, ia berserta wartawan yang tergabung dalam IWO Agam, berpencar ke sejumlah titik yang berpeluang terjadi kerumuman. Target utamanya adalah warga yang berkendara ataupun beraktivitas di luar rumah tanpa menggunakan masker.

“Selain membagikan masker, kami juga memberikan sosialisasi arti penting penggunaan masker,” tutur wartawan Minangsatu.com itu.

Terpisah, Ketua IWO Agam, Harmen menyebutkan gerakan sadar menggunakan masker merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Menurutnya, saat ini Lubuk Basung berpeluang terjadi transmisi lokal perpindahan Covid-19.

“Untuk itu, kami dari IWO Agam melakukan gerakan mengingatkan warga arti penting menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” jelasnya.

Sungguhpun begitu, pihaknya mengimbau bagi warga yang tidak begitu memiliki keperluan penting di luar rumah, lebih baik berdiam diri saja di rumah untuk beberapa saat. Kemudian, pihaknya berharap masyarakat untuk dapat mematuhi aturan pemerintah mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Jika kita bisa menahan diri untuk beberapa saat saja, maka waktu pandemi ini akan cepat berlalu,” imbuhnya.

Dia menambahkan, gerakan sadar menggunakan masker ini bukan hanya untuk masyarakat umum saja. Tapi, ia berharap segala pihak dan segala lini sektor usaha untuk selalu menggunakan masker saat bertugas.

“Bagi wartawan yang tergabung di IWO Agam, kami mewajibkan untuk selalu menggunakan masker saat bertugas, dan selalu terapkan pola hidup sehat, seperti mencuci tangan dengan sabun,” tutupnya. (KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here