Babinsa Koramil 06/Kampung Dalam Manfaatkan Potensi Wilayah Untuk Beternak Kerbau

  • Whatsapp

Komapos.com – Babinsa Koramil 06/Kp Dalam Kopda Yoprizal melaksanakan kegiatan beternak kerbau dan melakukan perawatan ternak dan kandang yg terletak di Korong Lansano Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (17/09).

Melihat Potensi dan kondisi wilayah sangat cocok melakukan usaha peternakan kerbau Karna lahan rumput yang tersedia utk makanan,kubangan dan sungai tempat kerbau mandi dan berendam serta iklim yg sedang sehingga kerbau dapat berkembangbiak sesuai yang diharapkan.

Utk Saat ini jumlah kerbau yang dimiliki Kopda Yoprizal yaitu Induk kerbau 1 ekor berumur lebih kurang 4 Tahun dan anak kerbau 3 ekor yg semuanya dalam kondisi gemuk dan sehat dan kandang kerbau yang berukuran 3 x 7 meter.

Setiap hari kandang selalu dibersihkan dari sisa rumput dan kotoran kerbau agar kebersihan kandang terjaga dan ternak kerbau selalu dlm keaadaan bersih dan sehat. Utk kotoran kerbau digunakan sebagai pupuk organik bagi pertanian dan perkebunan bagi warga masyarakat yang berada disekitarnya.

Agar ternak kerbau berkembang dengan baik setiap pagi hari ternak dilepaskan ke Padang rumput yang berada tidak jauh dari kandang agar kerbau mendapat makanan yang cukup dan selain itu rumput juga disabit sebanyak 2 karung perharinya untuk cadangan makan malam kerbau di malam hari serta setiap sore hari sebelum dimasukkan ke dalam kandang kerbau dibawa mandi berendam disungai utk dibersihkan.

Dalam perawatan agar kerbau tetap terjaga kesehatannya ternak kerbau dicek kesehatannya oleh Mantri hewan yg ada diwilayah kecamatan yg tujuannya kesehatan ternak tetap terjaga dengan pemberian vitamin dan ternak terhindar dari penyakit menular serta apabila terjangkit penyakit dapat teratasi dgn cepat.

Dalam kegiatan keseharian perawatan ternak kopda yoorizal dibantu oleh putra sulungnya sesudah pulang dari sekolah, ini mengajarkan kepada anak untuk tahu dalam beternak dan utk meningkatkan pengetahuan anak dalam usaha peternakan kerbau sehingga padawaktu nanti termotivasi dalam pengembangan dirinya nanti pada waktu sudah dewasa nanti baik diusaha ternak kerbau maupun usaha yang lain yang menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Apabila kerbau sudah cukup umur nanti akan dijual yang biasanya didaerah ini utk penjualan pemotongan adat hewan Lebaran Hari Raya Idul Fitri yang dilakukan setiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhan daging diwilayah Karna pada waktu menyambut Lebaran daging kerbau lebih diminati sebab bertekstur padat yang sangat bagus untuk dibuat masakan rendang Sebagai makanan ciri khas masyarakat Minang Kabau

Diharapkan nanti usaha ternak kerbau ini dapat berkembang dengan baik dan mendapatkan jumlah yang lebih banyak untuk peningkatan perekonomian keluarga dan utk masa depan anak-anak disamping bertugas pokok sebagai Babinsa serta untuk memotivasi masyarakat disekitarnya untuk melakukan usaha ternak kerbau sebagai motivator bagi masyarakat diwilayah binaan. (BBS 06/KPD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.