Perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten terus mengalami peningkatan, Selasa (26/1) ini terjadi penambahan 8 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 8 pasien sembuh dan 1 kasus meninggal dunia.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Agam, Drs. Martias Wanto Dt. Maruhun mengatakan dengan penambahan 8 kasus terkonfirmasi, maka total kasus warga Agam yang terkonfirmasi Covid-19 menjadi 1.722 orang.

“Setelah kemaren kita nihil kasus terkonfirmasi, hari ini berdasarkan uji spesimen beberapa waktu lalu, 8 orang dinyatakan positif Covid-19,” ujarnya.

8 kasus terkonfirmasi Covid-19 hari ini tersebar di tiga kecamatan, meliputi 4 kasus di Kecamatan Matur, 2 kasus di Kecamatan Banuhampu dan 2 kasus di Kecamatan Ampek Angkek.

Pihaknya juga mengumumkan penambahan pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sebanyak 8 orang, yang merupakan warga Kecamatan Tanjung Raya sebanyak 1 orang, Kecamatan Ampek Angkek 2 orang dan Kecamatan Tilatang Kamang sebanyak 5 orang.

“Total yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 1.498 orang, dengan persentase kesembuhan di angka 86,99 persen,” sebutnya.

Sementara itu, di hari yang sama, juga terjadi penambahan pasien Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia sebanyak 1 orang, sehingga total kasus meninggal sebanyak 29 orang.

“Pasien yang meninggal inisial AN (L/66) warga Kecamatan Candung, yang dirawat di RS Yarsi. Adapun gejalanya badan letih dan tidak ada nafsu makan,” ungkapnya.

Dijelaskan, hingga hari ini jumlah kasus warga yang dicurigai terinfeksi Covid-19 atau kasus suspek sebanyak 40 kasus. Kasus kontak erat sebanyak 160 kasus.

“Pasien yang masih menjalani perawatan sebanyak 195 orang, 30 orang dirawat di rumah sakit, 2 dikarantina dan 168 menjalani isolasi mandiri,” sebutnya lagi.

Sebagai upaya antisipasi penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau anti septik serta menjaga jarak.

“Selalu gunakan masker setiap beraktivitas, hindari kerumunan, wabah ini belum berakhir, semoga upaya kita memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bisa maksimal, sehingga kasus terkonfirmasi tidak makin bertambah dari hari ke hari,” ujarnya. (Fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here