Agam.Komapos.com – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) upayakan proses belajar mengajar (PBM) tatap muka di sekolah bisa dilaksanakan pada Agustus mendatang.

Kepala Disdikbud Agam Isra, mengatakan pihaknya optimis bisa memulai proses belajar tatap muka disekolah karena adanya sinyal dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat bahwa daerah zona kuning juga akan bisa melaksanakan proses belajar mengajar dengan cara yang sama.

“Sebelumnya dalam keputusan bersama 4 menteri, hanya sekolah di zona hijau yang bisa melaksanakan PBM Tatap Muka, namun kita mendengar informasi bahwa ada sinyal dari Gugus Tugas Cavid-19 Pusat, akan diupayakan sekolah di daerah zona kuning bisa menggelar PBM tatap muka,” ujarnya Jum’at (17/7).

Untuk menjalankan Proses belajar mengajar secara tatap muka, ada 3 persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, kesiapan dari sarana prasarana penangan Covid-19, seperti ketersediaan tempat cuci tangan, air bersih, dan alat cek suhu.

Selain itu juga dibutuhkan kesiapan dari guru-guru yang akan mengajar serta kesiapan dari peserta didik itu sendir. “Jika wacana dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat itu diturunkan jadi kebijakan, maka kita di Agam optimis dan siap untuk menggelar pertemuan tatap muka Namun jika tidak kita akan tetap mengupayakan PBM tatap muka dilakukan Di Agam,” katanya lagi.

Dijelaskan Isra PBM tatap muka akan bias terlaksana Jika masyarakat bisa disiplin mematuhi protokol kesehatan, yang terpenting sekali  tidak ada penambahan kasus positif selama satu bulan kedepan. ”Jika dalam sebulan tidak ada penambahan kasus positif, dan kasus positif yang terakhir sudah dinyatakan sembuh selama sebulan, maka kita masuk zona hijau,” jelas Isra.

(KP-Jen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here