Duo Koto – Pemerintah Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, kembali mencairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap kedua untuk 105 Kepala Keluarga (KK). Masing-masing KK kembali mendapatkan uang tunai senilai Rp 600.000.

Walinagari Duo Koto Joni Safri mengatakan, seluruh penerima BLT DD Tahap II itu sebelumnya telah menerima bantuan tersebut tahap awal senilai Rp 600.000 periode bulan April. Kemudian mereka kembali menerima bantuan itu dengan jumlah yang sama periode bulan Mei 2020.

“Rencananya mereka akan menerima BLT DD ini tiga tahap, yakni periode bulan April, Mei, dan Juni 2020. Namun untuk pelaksanaan penyaluran tahap ketiga, kita tunggu instruksi dari Pemkab Agam dulu,” kata Joni Safri, Rabu (17/6).

Dijelaskan Joni, penyaluran BLT DD Tahap kedua itu dilaksanakan pada Jumat (12/6) kemarin, dengan menerjunkan Walijorong, didampingi perangkat nagari, relawan Covid19, dan Bhabinkamtibmas, untuk menyalurkan bantuan ke rumah masing-masing penerima.

Adapun sasaran penerima BLT DD ini adalah masyarakat miskin yang terdampak Covid-19, tidak penerima bantuan PKH, BPNT, mempunyai anggota keluarga yang sakit menahun atau kronis, serta tidak menerima program kartu pra-kerja.

“Penerima BLT DD ini sebelumnya sudah melalui verifikasi dilapangan oleh tim relawan, kemudian hasilnya kita tetapkan dalam Musyawarah Nagari (Musna) untuk menerima bantuan ini,” ulasnya.

Menurutnya, dengan disalurkan bantuan ini, diharapkan kepada masyarakat yang menerima agar menggunakan dengan baik, seperti mencukupi kebutuhan harian, dan kebutuhan pendidikan anak. Kemudian, diharapkan juga untuk tidak menggunakan bantuan ini dengan berfoya-foya.

“Selain itu kita juga menghimbau masyarakat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan di era normal baru guna mencegah penularan Covid-19,” jelasnya. (KP-Pit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here