Kamis, 02 Oktober 2014

facebookTwittergoogle pluslinkedin

Makan Ikan Untuk Kecerdasan Anak

anak-makan-ikan-ilustrasiAgam – Komapost, Pemkab Agam, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam terus berupaya memotivasi warga untuk mengonsumsi ikan, ungkap Sekretaris DKP Agam Ermanto, SPi, MSi, Sabtu (29/12) di Lubuk Basung.

Kandungan Omega 3 dalam daging ikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan, terutama bagi anak balita.

Kampanye meningkatkan konsumsi ikan didukung segenap pihak terkait, seperti TP. PKK Agam dan jajarannya. Kampanye untuk meningkatkan konsumsi ikan juga dilancarkan ke sekolah-sekolah yang ada di daerah itu.

Konsumsi ikan perkapita masyarakat Kabupaten Agam saat ini baru 19,56 kg pertahun. Pada tahun 2015 tingkat konsumsi ikan ditargetkan menjadi 35,5 kg/kapita/tahun. Target tersebut melampaui tingkat konsumsi ikan nasional, yang hanya 31,57 kg/kapita/tahun, pada tahun yang sama.

Hal itu sangat memungkinkan, mengingat produksi ikan segar Agam terus meningkat. Kondisi itu juga didukung dengan keberhasilan Program Agam Menyemai di bidang perikanan. Kini kolam ikan milik warga, yang selama ini menganggur, sudah difungsikan lagi. Kali dan bandar irigasi juga sudah dijadikan lubuk larangan. Makanya produksi ikan daerah terus meningkat.

"Kami optimis, target konsumsi ikan tahun 2015 akan tercapai," ujarnya. (Mzn)