Kamis, 23 Oktober 2014

facebookTwittergoogle pluslinkedin

Drs. Aztharmizi: Pulang Kampung untuk Membangun Nagari

Drs. AztharmiziAgam – Komapost, Banyak putra Agam di kala mudanya merantau. Karena merantau bagi anak Minang bukan sekedar mencarikan pungguang indak basaok, dan paruik indak besi, tetapi yang lebih penting adalah untuk menimba ilmu dan keterampilan. Mereka menganut prinsip, jauah jalan banyak diliek, dengan merantau mereka akan banyak melihat dan merasakan beragam corak kehidupan.

Begitu juga dengan Putra Agam kelahiran Tiku, kecamatan Tanjung Mutiara. Ia merantau untuk menuntut ilmu, kemudian bekerja sebagai abdi negara. Dalam perantauannya, ia sempat menjabat Wakil Bupati Mentawai.

Setelah habis masa jabatannya, ia pun kembali pulang ke Agam. Ia dipercaya sebagai menjabat kepala Inspektorat (Inspektur), sebuah jabatan strategis di Pemkab Agam. jabatan itu diembannya sampai pensiun,belum lama ini.

Ia juga dipercaya memimpin Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Cabang Kabupaten Agam. Jabatan Ketua Umum PSSI Agam masih dipegangnya sampai sekarang.

Begitu memasuki usia pensiun, ia “dipinang” Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Agam, untuk didudukan sebagai calon legislatif (Caleg) pad daerah pemilihan (Dapil) I Agam, nomor urut 5.

Banyak kalangan heran, mengapa Aztharmizi mau menjadi Caleg di Kabupaten Agam, sementara peluangnya untuk Caleg Sumbar terbuka lebar...? ketika pertanyaan itu dilontarkan kepadanya, Selasa (24/9) di Lubuk Basung, dengan singkat ia menjawab, ”Saya ingin mengabdi di kampung halaman.”

Ia mengaku,kinilah saatnya tinggal dan mengabdikan diri untuk pembangunan kampung halamannya. Bila masih tinggal di luar daerah, paling-paling ia bisa pulang ke kampung halaman hanya sekali sepekan.

Ia punya, terpilih atau tidak sebagai anggota DPRD Agam dalam Pemilu Legislatif 2014 nantinya, ia akan tetap tinggal dan mengabdi di kampung halaman. Masih banyak yang bisa dikerjakannya, seperti pembinaan terhadap pesepakbola Agam, pembinaan generasi muda, dan menyumbangkan buah pikirannya untuk pembangunan nagari dan daerah.

Sebagai mantan pejabat, yang telah malang melintang di Sumbar, ia memiliki banyak pengalaman, di samping ilmu pemerintahan dan pembangunan. Semua ilmu dan keterampilan itu akan disumbangkannya untuk kejayaan kampung halamannya.

Tekad Aztharmizi seperti itu mendapat sambutan hangat berbagai kalangan. Bahkan, Ketua LSM KOMA, Anizur Pandu menilainya sebagai tekad yang sangat positif. Sosok seperti Aztharmizi, menurutnya sangat diperlukan untuk membangun nagari dan daerah.

“Kalau hanya untuk mengejar kedudukan sebagai Anggota DPRD Agam, saya kurang setuju. Tetapi bila untuk membangun nagari dan daerah, walaupun tidak terpilih nantinya sebagai Anggota DPRD Agam, itu tekad yang bagus, dan patut dipujikan,” ujarnya. (Mzn)